Review Hostinger: Keunggulan & Kekurangan Hostinger

Review Hostinger: Keunggulan dan Kekurangan Hosting di Hostinger? – Zaman semakin hari semakin canggih, menuntut setiap orang untuk bisa lebih berkembang terutama ke era digital yang lebih praktis. Untuk kelancaran akses internet tentunya harus didukung dengan web hosting yang cepat dan bagus. Baik produk lokal maupun mancanegara banyak pilihan web hosting yang bisa dipilih, salah satunya Hosting Hostinger.

Setiap web hosting berlomba-lomba memberikan layanan yang dapat memuaskan pelanggannya. Begitu pun yang dilakukan Hostinger. Namun, setiap web hosting tentunya tidak ada yang sempurna, masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan yang hendaknya diperbaiki. Lantas, apa saja keunggulan dan kekurangan yang dimiliki Hosting Hostinger? Yuk kepoin!

Sekilas Tentang Hostinger

Sebelum mengulas apa saja keunggulan yang dimiliki Hostinger, mari sedikitnya mengenal web hosting yang satu ini. Bermula dari perusahaan kecil yang memiliki nama “Hosting Media” datang dari kota Kaunas yang berada di kawasan Lithuania. Membawa impian untuk menciptakan gelombang baru terutama dalam industri hosting dengan tujuan menggaet satu juta pengguna. Lalu, apakah impian tersebut terwujud?

Melalui usaha dan kerja keras yang dilakukan, perusahaan kecil ini pun meraih mimpinya dan perlahan menjadi besar dan lebih besar lagi. Selanjutnya, secara resmi mengganti nama menjadi Hostinger dan kian hari semakin populer. Hal ini terbukti dengan dibukanya 39 cabang yang tersebar di berbagai Negara serta memiliki pusat data sebanyak 6 buah di seluruh dunia. Impiannya menggaet satu juta tergapai dan kini penggunanya sudah mencapai 29 juta lebih.

Sekilas Tentang Hostinger

Keberhasilan yang diraih tentunya tidak didapat dengan mudah. Mereka memiliki visi untuk membantu para pengguna dengan segenap layanan terbaik yang disuguhkan. Selain itu banyak fitur bermanfaat yang memudahkan pengguna dan tentunya bisa didapatkan dengan harga yang muarh-meriah.

Baca Juga

Nikmati 9 Keunggulan Hosting Hostinger

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, setiap web hosting memiliki keunggulannya masing-masing. Lantas, apakah keunggulan Hosting Hostinger mampu bersaing dan bertahan dengan web hosting lainnya? Apakah keunggulannya mampu memudahkan apa yang dibutuhkan pelanggannya? Mari kita cari tahu informasinya!

1. Memiliki Kecepatan Ekstra

Memiliki Kecepatan Ekstra

Kecepatan merupakan salah satu bekal penting dalam mengakses internet. Hostinger merupakan salah satu web hosting yang memiliki kecepatan ekstra. Berdasar uji kecepatan yang dilakukan salah satu pengguna, Hostinger memiliki nilai kecepatan A+. Uji kecepatannya memiliki nilai rata-rata 177,8 md. Angka tersebut merupakan kecepatan rata-rata. Jika semakin dekat dengan pusat data, maka akan semakin cepat.

Pusat datanya tersebar di   Amerika Serikat, Brazil, Belanda, Uni Eropa, Belanda, Singapura, Indonesia dan Negara asalanya yakni Lithuania. Untuk mendapatkan kecepatan yang ekstra dan memuaskan, maka pilihlah pusat data yang paling dekat. Hal ini sebagai salah satu langkah untu kecepatan dalam memuat suatu website.

2. Bergaransi Uptime 99%

Bergaransi Uptime 99%

Keunggulan lainnya yakni bergaransi uptime 99%. Ketika uptime suatu website menurun hingga 99,9% dengan catatan disebabkan kelalaian Hostinger, maka garansi uang kembali sebanyak 5%. Ketika hal ini terjadi, Anda berhak menghubungi mereka dan mendapatkan kembali 5% dari biaya bulanan Anda. Suguhan garansi ini menjadi salah satu keunggulan yang meringankan penggunanya.

Tidak sama dengan perusahaan raksasa, website dengan bisnis kecil hingga menengah tentunya harus senantiasa aktif agar tidak kehilangan peluang dalam penjualan.  Website yang tidak aktif dalam waktu lama tentu akan memicu hilangnya peringkat di pencarian Google. Hal ini tentunya berpengaruh pula pada bisnis yang dilakukan. Oleh karena itu uptime suatu website sangatlah penting guna kelancaran suatu bisnis.

3. Memiliki Manajer Cache Sebagai Peningkat Kecepatan

Memiliki Manajer Cache

Lagi-lagi kecepatan merupakan poin penting dalam kelancaran lalu-lintas suatu website. Hostinger memiliki Manajer Cache yang membantu dalam meningkatkan kecepatan dalam memuat suatu website. Untuk mengaktifkan Manajer Cache bisa dilakukan secara mandiri.

Adapun langkah untuk mengaktifkannya yakni dengan memasuki hPanel -> Manage -> Advanced -> Cache Manager. Selanjutnya, klik  opsi “Change” dan akan terlihat tombol “Automatic Cache” menjadi hijau sebagai tanda aktif. Langkah terakhir klik opsi “Purge All” dan siap digunakan. Secara otomatis, Manaje Cache akan menjadi kuat ketika website lebih banyak menyajikan gambar maupun konten.

4. Banyaknya Fitur Peningkat Kecepatan

Dalam mengakses internet, kecepatan amat diperhatikan. Tidak sedikit pengguna internet yang memilih untuk pergi ketimbang lama menunggu pemuatan website. Loading  dalam waktu lama akan memberikan dampak negatif pada website Anda. Selain berkurangnya pengunjung, kesempatan mendapatkan pembeli pun sirna.

Banyaknya Fitur Peningkat Kecepatan

Solusinya tentu website harus disajikan dengan proses pemuatan yang cepat. Hostinger memiliki fitur yang beragam dalam meningkatkan kecepatan.  Terdapat fitur Installer 1-Klik yakni sebuah fitur yang dapat membantu memasang aplikasi favorit hanya dengan satu klik saja. Dukungan PHP7 yang ekstra cepat ketimbang PHP5, fitur Git yang merupakan sistem Kontro transparan, sehingga pengembang dapat bekerja sama secara cepat dan efisien.

Fitur lainnya yang siap meningkatkan kecepatan yakni NGINX Caching, dioptimalkan dengan wordpress, HTTP/2 yang siap mengirimkan data dengan cepat. Hal ini dilakukan dengan cara mengurangi data dan meningkatkan kecepatan pemuatan.

5. Suguhan Dasbor Khusus yang Memuaskan

Hostinger unggul dalam menyajikan dasbor khusus yang memuaskan. Memiliki merek hPanel, disuguhkan dasbor khusus yang bersih, intuitif dan mudah untuk digunakan. Berbagai fitur disajikan secara berurutan sesuai dengan kategori yang ada. Selain itu, ikonnya disajikan secara minimalis dan penuh intuitif. Dengan penyajiannya yang baik, maka orang tidak berpengalaman pun akan mudah untuk menggunakannya.

Suguhan Dasbor Khusus yang Memuaskan

Suguhan memuaskan ini tentunya dirancang khusus oleh tim UI dan UX Hostinger. Dasbor khususnya disusun dengan rapi dan teratur. Hal ini sebagai salah satu keunggulan Hostinger yang mampu memudahkan penggunanya.

6. Live Chat Support yang Responsif

Keunggulan yang dimiliki Hostinger yaitu live chat support-nya yang responsif. Berkomunikasi dengan tim dukungan Hostinger bisa dilakukan dengan lancar. Setiap pertanyaan mendasar yang disuguhkan para pengguna akan direspon dalam beberapa detik. Hal ini sebagai salah satu bukti betapa loyalnya tim dukunga dari Hostinger.

Live Chat Support yang Responsif

Tim yang disiapkan benar-benar membantu, selain memiliki pengetahuan yang laus, mereka begitu sabar dan menyenangkan. Setiap masalah yang disodorkan pelanggannya dijawab dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, suguhan gif atau pun emojinya membuat orang yang sedang frustasi menjadi lebih tenang. Kehebatan lainnya dari tim live chatnya yakni melayani 20 negara siap membantu para pelanggannya berkomunikasi dengan bahasa lokal masing-masing.

7. Mendapatkan Domain Secara Gratis

Mendapatkan Domain Secara Gratis

Keunggulan lainnya yang dapat dinikmati dari Hostinger yaitu domain gratis. Suguhan domain gratis tentu merupakan salah satu hal yang menguntungkan, terutama bagi pelaku usaha kecil-kecilan maupun pemula. Domain gratis akan membantu pelanggan lebih berhemat yang dapat menguntungkan para pengguna. Dengan pembayaran sekitar Rp. 69.740,- mendapatkan domain gratis menajdi salah satu investasi yang layak.

Apa yang diberikan Hostinger secara gratis ini, hendaknya dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para pelanggan. Domain gratis sebagai salah satu investasi serta membantu menghemat dalam bisnis yang dilakukan. Selagi ada yang gratis, kenapa harus repot berbayar?

8. Beragam Fitur Utama yang Unlimited

Hostinger cukup loyak untuk membuat pelanggannya terkesan. Salah satunya yakni dengan menyajikan fitur utama tanpa batas. Hal ini tentu sebuah penawaran menarik dan menguntungkan. Banyak fitur utama yang siap dinikmati secara unlimited. Di antara fitur tersebut yakni website, penyimpanan SSD, Bandwidth yang siap melayani banyak pengguna, email yang disajikan sesuai kebutuhan para pelanggan, serta  CronJobs yang membuat pelanggan lebih leluasa terhadap skrip.

9. Harga Pengantar yang Murah-Meriah

Harga Pengantar yang Murah-Meriah

Untuk pemula maupun para pelaku bisnis kecil-menengah, harga pengantar yang ditawarkan Hostinger benar-benar mengesankan. Harganya yang murah dengan keunggulan yang banyak menjadikan Hostinger berbeda dengan web hosting lainnya. Paket tunggalnya dipatok hanya dengan harga Rp.8.739,- per-bulannya. Harga yang mengesankan untuk menikmati ragam fitur yang menguntungkan.

Baca Juga

  • Review Exabytes
  • Review DomaiNesia

2 Kekurangan Dibalik Keunggulan Hosting Hostinger

Tidak ada yang sempurna, di balik sederet keunggulan yang dimiliki Hostinger, terdapat beberapa hal yang mengecewakan. Hostinger memang pantas masuk ke dalam deretan web hosting terbaik. Namun, terdapat beberapa kekurangan yang hendaknya diperbaiki, yakni sebagai berikut.

1. Kurangnya Fitur Backup Harian

Kebiasaan menikmati backup harian pada web hosting lain, terasa mengecewakan ketika Hostinger tidak memiliki fitur yang satu ini. Hal ini membuat beberapa pelanggan kurang nyaman karena backup hariannya yang tidak memadai. Keberadaan fitur ini bisa muncul ketika pelanggan membelinya dengan harga sekitar Rp. 13.251,- per-bulan. Hal ini tentunya cukup mengecewakan karena untuk mem-backup pun harus ada biaya tambahan.

2. Tidak Tersedia SSL Gratis

Tidak Tersedia SSL Gratis

Menjaga koneksi yang aman antara pelanggan dengan suatu website merupakan suatu hal yang penting. Hal ini bisa dibangun melalui sertifikat SSL. Keberadaan SSL pada suatu website dapat meningkatkan peringkat pencarian Google. Selain itu, pengunjung website pun akan merasa lebih aman dan percaya.

Ketika suatu website tidak memiliki sertifikat SSL, Google akan menampilkan “Website ini tidak aman”. Hal ini tentunya akan membuat pengunjung kurang yakin terhadap website tersebut. Makanya, ketika ditemukan Hostinger tidak menyajikan SSL gratis tentu amat mengecewakan.

Cara Hostinger Bertahan di antara Persaingan yang Ketat

Semakin banyaknya yang mengakses internet, web hosting pun semakin banyak ditemukan. Banyak pilihan yang bisa dijadikan sebagai hosting web Anda. Masing-masing menyajikan layanan menarik untuk meberikan kepuasan pada pelanggannya. Lantas, bisakah Hostinger tetap bertahan dengan banyaknya pesaing yang sama bagusnya? Bagaimana cara Hostinger bertahan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak uji terhadap  suatu situs yang dilakukan salah satu peneliti anonim.  Hasilnya yakni Hostinger mampu memberikan kinerja dengan baik, dengan kecepatan rata-ratanya di bawah 200 md. Hostinger memberikan kecepatan bagus yang cukup responsif. Selain kecepatan, menjadi salah satu hosting yang mudah digunakan baik oleh pemula maupun para pengusaha.

Selain itu, setiap paket yang disajikan dibanderol dengan harga yang fantastis murah, sehingga dapat dijangkau semua kalangan. Hal inilah yang menjadikan Hostinger mampu bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat. Meskipun terdapat kekurangannya, tapi keunggulannya mampu mengobati apa yang mengecewakan pelanggan.

Paket dan Fitur Utama Hostinger

Setelah mengenal Hostinger dan mengetahui keunggulan serta kekurangan yang dimiliki, apakah Anda tertarik untuk mencoba berlangganan? Jika memang tertarik untuk menjadi pelanggan Hostinger, terdapat beberapa paket yang bisa dicoba.

1. Shared Hosting

Shared Hosting Hostinger

Jenis pertama terdapat paket shared hosting. Terdapat beberapa pilihan paket pada shared hosting, mulai dari Single, Premium, dan Bisnis. Untuk Anda yang masih pemula dan ingin mencoba paket Single sangat direkomendasikan. Selanjutnya, jika dirasa cocok, maka bisa dilanjutkan dengan paket Premium.

2. Cloud Hosting

Cloud Hosting Hostinger

Pilihan lainnya yakni Cloud Hosting yang disajikan dengan sederhana dan penggunaan yang mudah. Dengan membeli paket Cloud Hosting, maka SSL gratis pun bisa didapatkan, begitu pun dengan back up harian. Jika tidak mengalami kenaikan, layanan Cloud Hosting ini harganya dipatok mulai dari Rp. 81.395,- per-bulan hingga Rp. 502.497,- per-bulannya.

3. VPS Housting

VPS Housting Hostinger

Jika mencari layanan VPS Housting, maka Hostinger menyajikannya untuk Anda. Pada dasarnya VPS Hostinger tidak jauh berbeda dengan Cloud Hosting, yang membedakan yakni manajemen back end. Sedangkan Cloud Hosting layanan yang dikelolanya dapat dinikmati sepenuhnya. VPS Hostinger akan memberikan akses root, dengan catatan setiap pengguna mengatur pembaruan serta pemeliharaan server secara mandiri.

Baca Juga

Apakah Hostinger kami Rekomendasikan untuk Anda?

Berdasar pada ulasan di atas yang mengacu pada hasil uji situs, apakah Hostinger cukup baik untuk digunakan pada website Anda? Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan individu, Hostinger merupakan salah satu web hosting yang amat direkomendasikan.

Live chat suppornya yang responsive, pengaturan 1-klik yang membuat pengguna nyaman serta kecepatannya yang memiliki nilai A+ tentu menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk menjadi Hostinger sebagai web hosting Anda.  Berbagai fitur menarik siap membantu menyajikan website yang menarik.

Di antara fitur yang bisa didapatkan yakni mulai dari penyimpanan yang unlimited, bandwidth tanpa batas, hPanel, domain gratis, live chat supportnya yang baik dan ramah, serta fitur peningkat kecepatan seperti Git, PHP7, dan juga Installer 1-klik. Hostinger sangat direkomendasikan untuk para pemula, pengguna WordPrees, Drupal, Joomla, para pelaku usaha kecil-menengah, blog professional hingga pemasar afiliasi.

Berikut Hosting yang kami rekomendasikan.

 UpTIMEHARGA/Bln 
Logo Niagahoster100%53.125Kunjungi HOST
Logo IDCloudHost99,99%15.000Kunjungi HOST
Logo IDwebhost100%49.900Kunjungi HOST
Logo DomaiNesia100%33.000Kunjungi HOST
Logo Exabytes97,6%30.000Kunjungi HOST

Demikianlah ulasan terkait keunggulan dan kekurangan yang dimiliki Hostinger. Kekurangannya dapat tertutupi dengan keunggulannya yang banyak. Ulasan di atas bisa dijadikan sebagai  salah satu pertimbangan untuk menjadikan Hostinger sebagai web hosting Anda. Selamat mencoba!

Bagikan:

Leave a Comment