Cara Menambah Durasi Video di Status WhatsApp

Menjadi aplikasi yang populer dengan beragam fitur menarik, WhatsApp terus menerus berinovasi untuk kenyamanan penggunanya. Di dalamnya juga ada fitur membagikan status berupa video kepada seluruh kontak. Ternyata ada cara menambah durasi video di status WhatsApp.

Cara Menambah Durasi Status Video Whatsapp

WhatsApp memang memberikan fitur berupa membagikan teks, media, maupun tautan secara publik. Media yang dimaksud dapat berupa foto maupun video. Meski kerap mengalami pembaruan dari segi layanan, fitur status belum juga mendapat pengembangan.

Seperti yang Anda tahu bahwa pengguna WhatsApp dapat mengupload video di status mereka. Hanya saja ada batasan durasi untuk setiap sekali posting. Kiriman video akan terkirim ketika tidak melebihi 30 detik. Jika video tersebut lebih lama dari 30 detik maka akan terpotong dengan sendirinya.

Itulah mengapa pengguna seringkali mengalami kesulitan untuk mengupload stori video cukup panjang. Meski secara teknis video tersebut dapat terkirim pada slide selanjutnya. Namun prosesnya memang terbilang ribet.

Di mana pengguna harus tahu betul potongan video yang pas saat akan meneruskan postingan. Kendati demikian bukan berarti tidak ada cara mengakalinya. Sebab ada beberapa alternatif untuk menambah durasi upload WhatsApp.

Jadi ketika posting, video tidak terpotong meski durasinya lumayan lama. Biasanya cara ini bisa untuk hp yang sudah dalam keadaan root. Namun bagi yang belum tidak perlu khawatir ada trik jitu mengatasi hal tersebut.

Pada artikel ini akan menjelaskan 3 cara mudah untuk proses upload. Namun sebelum beranjak ke cara menambah durasi video alangkah bagusnya apabila Anda menyimak dahulu cara cut status supaya pas saat posting.

Sebab memang sulit untuk mengatur hal-yang berkenaan dengan sistem bawaan. Secara garis besar ada dua caranya, yaitu tanpa aplikasi dan atau menggunakan aplikasi. Supaya lebih jelas, simak beberapa alternatif berikut.

1. Memotong Durasi Video

Sebenarnya pada aplikasi WhatsApp sendiri video akan terpotong otomatis di 30 detik pertama. Sedangkan untuk postingan selanjutnya pengguna harus mengatur durasi secara manual. Itulah mengapa terkadang proses ini sangat memakan waktu.

Apalagi jika pengguna lupa berada di menit ke berapa video yang belum ter-upload. Namun cara ini memang cocok untuk mereka yang tidak ingin ribet dengan install aplikasi terlebih dahulu.

Teknis posting video wa yang lebih dari 30 detik cukup mudah. Ketika 30 detik pertama sudah terkirim maka Anda cukup mengatur video di 30 detik selanjutnya. Jadi total terkirim menjadi 60 detik begitu seterusnya.

Kendati demikian ada cara yang lebih cepat dari pada harus melakukannya secara manual, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi WhatsCut Pro+. Aplikasi tersebut dapat secara otomatis memotong durasi video agar menjadi 30 detik.

Tentu dengan beberapa pengaturan tertentu yang dilakukan oleh pengguna. Maka pengguna WhatsApp yang upload status bisa langsung posting tanpa harus cut video secara manual. Pengguna bisa langsung unduh aplikasinya melalui Play Store secara gratis.

Baca Juga : Cara Membuat Status WhatsApp Tidak Pecah

2. Cara Perpanjang Status Video di Whatsapp

Memperpanjang video WhatsApp memang bukan hal yang mustahil. Terutama untuk mereka yang sudah kenal bagaimana cara mengakalinya. Kali ini, selain menggunakan aplikasi cut video dari WhatCut Pro+. Ada lagi platform bagus untuk membuat video WhatsApp ter-upload seluruhnya.

Jadi pengguna tidak perlu khawatir postingan tersebut akan terpotong sebab telah ada aplikasi Video2me. Sebenarnya cara kerja aplikasi ini adalah mengubah format video. Penggunaanya pun terbilang mudah.

Informasi saja, bahwa aplikasi tersebut dapat diunduh melalui Play Store. Jadi bisa dipastikan bahwa keamanannya terjamin. Bagi yang penasaran cara menambah durasi video di status WhatsApp, ini dia langkah-langkahnya

  • Download aplikasi Video2me di Play Store
  • Pastikan proses penginstalan telah berhasil
  • Jalankan aplikasi tersebut
  • Izinkan aplikasi mengakses beberapa hal di smartphone Anda
  • Klik GIF berwarna biru di awal tampilan
  • Klik ikon titik tiga di kanan atas
  • Pilih video dari galeri hp supaya lebih mudah
  • Pilih fitur reverse dan Boomerang
  • Atau bisa juga pengguna memilih mengatur kecepatan video
  • Klik tanda centang untuk menyelesaikan
  • Tunggu hingga proses selesai
  • Butuh beberapa waktu untuk proses penyimpanan

Perlu diketahui sebenarnya aplikasi ini akan membantu pengguna merubah video panjang ke dalam bentuk gif. Di mana gif tersebut berupa video berdurasi lama yang gerakannya cepat. Itulah mengapa ketika upload di wa video jadi tidak terpotong.

Selain itu, durasi video juga sangat mempengaruhi. Semakin panjang video tersebut maka semakin besar pula ukuran gif. Hal itu pula yang membuat WhatsApp membatasi upload video tidak lebih dari 30 detik.

Sebab jika biasanya postingan gambar hanya berkisar 1 hingga 3 MB saja. Menggunakan Video2me boleh jadi akan meningkat menjadi 40 MB dengan durasi 40 detik. Kini upload video berdurasi panjang menjadi lebih mudah.

3. WhatsApp Mod

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi hasil kreasi modder berupa WhatsApp Mod. Bagi yang ingin upload video tanpa terpotong atau install aplikasi lain, cobalah menggunakan wa mod. Perlu Anda tahu aplikasi ini memiliki fitur yang lebih banyak dari pada versi resminya.

Meski tidak semua wa mod menyediakan layanan berbagi video lebih dari 30 detik. Namun ada beberapa versi yang memang memiliki fitur tersebut. Selain itu aplikasi ini juga memberikan pengaturan privasi yang lebih banyak.

Cara menambah durasi video di status WhatsApp bisa dilakukan dengan tiga cara. Diantaranya menggunakan aplikasi WhatsCut Pro+, Video2me, dan WhatsApp Mod. Dua aplikasi sebelumnya dapat pengguna unduh melalui Play store. Sedangkan untuk wa mod klik di sini untuk melakukan pengunduhan.

5/5 - (2 votes)
Bagikan:

Leave a Comment