Cara Sharing Printer

Apakah Anda ingin menghubungkan satu printer ke beberapa komputer? Anda dapat menggunakan metode Sharing Printer. Cukup sambungkan beberapa komputer ini dalam satu jaringan WiFi atau LAN, maka Anda dapat menggunakan printer secara bersamaan.

Menerapkan berbagi printer Windows 10 dapat menghemat waktu dan biaya Anda. Pasalnya, Anda tidak perlu lagi menyiapkan printer untuk setiap komputer dan memindahkan printer jika ingin menggunakannya di komputer lain.

Anda tidak memerlukan bantuan perangkat lunak atau aplikasi tambahan untuk berbagi komputer. Cukup sambungkan komputer ke jaringan Wi-Fi atau LAN yang sama, lalu gunakan fitur bawaan Windows 7, 8, dan 10.

Sementara tampilan Windows 7, 8, dan 10 memiliki sedikit perbedaan, pengaturan berbagi printer tidak akan jauh berbeda. Ini adalah langkah-langkah di bawah ini.

Cara Sharing Printer di Windows

Untuk menggunakan printer di beberapa komputer lain, Anda harus terlebih dahulu membuat beberapa perubahan pada pengaturan komputer yang terhubung ke printer.

Untuk berbagi printer Windows 10, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Control Panel di komputer atau laptop Anda.
  2. Pilih menu Network and Internet > Network and Sharing Center.
    Pilih menu Jaringan dan Internet > Jaringan dan Pusat Berbagi
  3. Klik opsi Change advanced sharing settings di sebelah kiri.
  4. Aktifkan fitur Turn On Network Discovery dan Turn On File and Printer Sharing untuk memungkinkan printer share.
    Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing
  5. Klik All Networks dan pilih Turn off password protected sharing yang dilindungi kata sandi. Tahap ini dimaksudkan agar komputer lain dapat mengakses printer dari komputer yang terhubung tanpa memasukkan kata sandi.
  6. Klik tombol Save changes untuk menyimpan perubahan.
    Save changes
  7. Kembali ke Control Panel, klik menu View devices and printers.
  8. Klik kanan pada icon printer yang ingin Anda bagikan, pilih Printer properties > tab Sharing > centang Share this printer > klik OK.
    Share this printer

Contoh pada panduan di atas menggunakan printer seri EPSON L360. Anda dapat mengatur untuk setiap printer yang Anda gunakan baik itu Epson, Canon, HP, Fuji Xerox dan lain-lain.

Setelah menerapkan langkah-langkah Share printer di atas, Anda dapat menghubungkan komputer lain ke jaringan yang sama, baik itu jaringan LAN atau WiFi.

Namun ada beberapa pengaturan yang harus diubah terlebih dahulu pada komputer atau laptop yang ingin menggunakan akses sharing printer.

Cara Mengakses Sharing Printer

Anda juga perlu melakukan beberapa perubahan pada komputer atau laptop yang ingin Anda sambungkan dan akses printer bersama. Ikuti langkah-langkah di bawah ini dengan cermat.

  1. Juga, aktifkan fitur Turn on Network Discovery dan Turn on File and Printer Sharing pada komputer penerima yang berbagi printer.
    Cara Mengakses Sharing Printer
  2. Tekan Windows + E pada keyboard untuk membuka File Explorer.
  3. Kemudian Anda perlu memilih menu Network.
  4. Pilih nama komputer yang sesuai.
  5. Kemudian klik kanan pada icon printer dan pilih opsi Connect.
    Cara Mengakses Sharing Printer 1
  6. Anda sekarang terhubung ke printer bersama.

Pada contoh di atas, gambarnya adalah komputer telah berhasil terhubung melalui status Ready pada aplikasi Microsoft Word.

Cara Mengakses Sharing Printer Wifi

Baca juga: Cara Print dari HP

Melalui HomeGroup (Metode Alternatif)

Jika cara Sharing printer di atas tidak berhasil, coba gunakan fitur HomeGroup sebagai alternatif. HomeGroup adalah fitur bawaan Windows 7 ke atas yang berguna untuk Sharing data dan printer dengan komputer lain melalui jaringan Wi-Fi atau LAN yang sama.

  1. Buka Control Panel dan pilih menu Choose homegroup and sharing options.
  2. Pastikan status jaringan Anda bersifat private.
  3. Kemudian klik Create a homegroup dan kemudian klik Next.
  4. Ubah opsi Printers and Devices menjadi Shared.
  5. Kemudian klik Berikutnya > catat kata sandi > Selesai.
    Menghubungkan Printer Bersama
  6. Pergi ke komputer lain untuk bergabung atau join dengan HomeGroup.
  7. Lewati semua tahapan dengan mengklik tombol Next.
  8. Terakhir, masukkan kata sandi yang benar di langkah 5.
  9. Sekarang komputer dan laptop yang terhubung ke homegroup dapat mengakses printer secara bersamaan melalui jaringan Wi-Fi atau LAN yang sama.

Anda dapat memeriksa apakah printer berhasil terhubung atau tidak melalui aplikasi Microsoft Word. Jika status printer Ready, berarti Anda telah berbagi printer dengan komputer lain.

Menghubungkan Printer ke komputer Lain via wifi

Nah, sangat mudah bukan? Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda tentang printer. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

5/5 - (1 vote)
Bagikan:

Leave a Comment