Cara Membuat Grafik di Excel

Cara Membuat Grafik dan Diagram di Excel – Salah satu software paling sering digunakan oleh masyarakat dunia adalah Excel. Aplikasi satu ini bisa membantu dalam hitungan, cara membuat grafik di Excel agar dapat digunakan sebagai materi rapat. Atau membuat laporan keuangan perusahaan besar maupun kecil.

Jenis Grafik Pada Excel dan Cara Membuat Grafik Di Excel

Excel merupakan salah satu software dengan cara pengoperasian cukup sederhana. Semua fungsi ada perhitungan rumusnya. Anda tinggal menentukan saja sesuai kebutuhan. Belajar dari dasar juga tidak masalah untuk Anda yang belum mengetahui bahkan tidak pernah menggunakannya dalam keseharian.

Lantas apa saja jenis grafik pada exel?

1. Column Charts (Grafik Kolom)

Pertama ada column chart atau bagan kolom. Fungsi satu ini bisa digunakan untuk menunjukkan batang vertikal dengan nilai suatu barang untuk batang yang ditampilkan di sisi kiri grafik. Saat presentasi, tentu Anda harus memaparkan sebuah fakta secara benar dan jelas. Salah satunya dengan bantuan grafik.

Column Charts (Grafik Kolom)

Begitupun ketika ingin membandingkan hasil nilai untuk suatu kategori juga bisa menggunakan grafik. Dengan begitu audiens memiliki gambaran jelas dan paham dengan materi tersebut. Cara membuatnya juga mudah, tinggal dengan satu tanda di toolbar kemudian variasikan fungsi-fungsi di dalamnya.

2. Line Chart (Grafik Garis)

Adapula Line Chart atau grafik garis yang sama bergunanya untuk membuat grafik data. Dengan fungsi satu ini Anda bisa menyajikan sebuah perbandingan penjualan antara tahun ke tahun. Bisa juga menerangkan naik turunnya omset penjualan sehingga seri data yang dimiliki bisa dijelaskan kepada audiens secara tepat.

Line Chart (Grafik Garis)

Untuk pedomannya, Anda bisa menggunakan garis pada sumbu horizontal untuk kategori data yang akan disajikan. Kemudian vertikal adalah nilai datanya. Biasanya di Excel Anda bisa menemukan berbagai macam grafik garis seperti stacked line, tanpa marker dalam bentuk 2D atau 3D.

3. Pie Charts (Grafik Lingkaran)

Kemudian ada grafik lingkaran yang banyak digunakan ketika Anda hanya menggunakan satu seri data saja. Biasanya menampilkan nilai dari setiap irisan atau bagian terhadap total keseluruhannya hingga membentuk lie Charts. Cara membuatnya juga mudah, tidak sesulit kelihatannya.

Pie Charts (Grafik Lingkaran)

Anda bisa update versi terbaru yakni excel 2017 untuk mendapatkan pengalaman membuat pie charts dengan fitur-fitur terkini. Pemakaian pie charts memang tidak sering seperti Column karena hanya menyajikan satu seri data saja, jadi lebih sederhana. Biasanya dengan cara biasa saja sudah cukup.

4. Bar Charts (Grafik Batang)

Selanjutnya ada grafik batang. Jenis satu ini juga menggambarkan beberapa seri data untuk kebutuhan presentasi. Bar charts atau sering disebut dengan histogram cara penggunaanya paling sederhana, lebih mudah dibandingkan lainnya. Sangat cocok ketika dibutuhkan saat waktu sudah mepet.

Bar Charts (Grafik Batang)

Tinggi rendahnya batang menggambarkan banyaknya data atau persentase. Sedangkan untuk lebarnya sama. Karena biasanya menyajikan lebih dari satu data maka batang yang digunakan bisa dalam warna-warna berbeda agar mudah membedakannya.

5. Surface Charts (Grafik Permukaan)

Jika biasanya grafik hanya digunakan untuk satu jenis tanpa adanya perbandingan saja. Namun hanya surface charts yang berguna ketika mencari kombinasi optimal dari 2 perbandingan sebuah data. Biasanya ada beberapa hal seperti peta topografi.

Surface Charts (Grafik Permukaan)

Warna dan pola harus dibedakan antara satu dan yang lainnya agar mudah dipahami audiens walaupun berbeda dalam daerah sama. Cara membuatnya memang lebih rumit dibandingkan jenis lainnya. namun polanya tetap sama.

6. Stock Charts (Grafik Stok)

Terakhir ada grafik stok yang banyak digunakan untuk menggambarkan data-data dari fluktuasi harga stok. Namun banyak juga manfaat lain dalam penggunaanya. Seperti menyajikan akuntansi dari suhu harian suatu kota. Data ilmiah suatu keadaan lainnya.

Stock Charts (Grafik Stok)

Di atas tadi merupakan berbagai jenis dari grafik yang biasanya dipakai dalam penyajian data. Bagi beberapa orang masih banyak belum pernah menggunakan Excel. Untuk itu berikut ini merupakan contoh dari cara membuat grafik di Excel.

Materi Terkait : Cara Membuat Tabel di Excel

Cara Membuat Berbagai Macam Grafik di Excel

Cara Membuat Berbagai Macam Grafik di Excel

Untuk menyajikan sebuah data menggunakan software Excel sebenarnya tidak terlalu sulit. Untuk satu jenisnya pasti sudah disediakan fitur fungsi pada toolbar. Anda tinggal klik dan sesuaikan saja dengan va· Pilih Theme ‘Office’ terlebih dahulu pada lembar kerja excel

  • Blok range data yang sudah dibuat, pastikan sudah benar
  • Klik insert kemudian grup charts
  • Disitu terdapat banyak sekali pilihan variasi diagram
  • Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan Anda
  • Setelah itu otomatis grafik kerja akan ditampilkan pada lembar kerja
  • Jika dirasa kurang Anda bisa memilih chart styles pada
  • Klik chart tools – Design tab- Chart styles – klik style yang dibutuhkan
  • Tinggal variasikan sesuai kebutuhan
  • Kemudian buatlah grafik sejelas mungkin sebagai tampilan untuk para audiens.

Pada umumnya membuat grafik bukanlah hal sulit karena semua tools sudah disediakan. Namun ada banyak pihak belum memahami sepenuhnya. Untuk langkah awal Anda bisa membuat desain simpel terlebih dahulu untuk kemudian dikembangkan dan dilatih lebih baik lagi.

Cara Membuat Diagram di Excel

Cara Membuat Diagram di Excel

Setelah mengetahui jenis-jenis grafik, maka Anda sudah bisa menempatkan dengan benar manfaat dan fungsi dari masing-masingnya. Diagram mini tepat sekali ketika digunakan untuk memperlihatkan tren dalam rangkaian nilainya. Dengan begitu bisa memperjelas data yang diberikan.

  • Pilih saja sel kosong dalam excel untuk menempatkan grafik
  • Klik insert – sparkline
  • Pilih tipe grafik sesuai yang dibutuhkan
  • Untuk membuat grafik mininya cukup tempatkan kursor pada pojok kiri di bawah sel
  • Ketika muncul (+) warna hitam tinggal tarik saja ke bawah
  • Klik Desain untuk variasi menu warna, grafik, bentuk sesuai kebutuhan masing-masing.
  • Diagram mini siap digunakan

Penggunaan diagram mini dalam sebuah data saat ini semakin sering dilakukan. Untuk antisipasi karena terlalu mepetnya waktu untuk membuat grafik terkadang tidak cukup. Jadi bisa jadi alternatif agar data tetap mudah dipahami oleh audiens.

Cara Membuat Grafik di Excel Dengan 2 Data

Cara Membuat Grafik di Excel Dengan 2 Data

Cara membuat grafik di Excel ternyata tidak hanya digunakan untuk satu data. Melainkan bisa sampai 2 sekaligus. Jangan pikir susah dulu, karena sebenarnya tidak terlalu sulit. Untuk lebih jelasnya ikuti petunjuk di bawah ini:

  • Buka Excel di laptop atau Pc Anda
  • Buatlah terlebih dahulu data-data yang akan digunakan
  • Misalnya macam-macam sayuran ditanam pada jenis tanah yang sama
  • Klik insert kemudian pilih saja jenis grafik yang diinginkan
  • Pastikan kursor sudah ada di luar table
  • Setelah muncul grafik kosong mulai kreasikan desain
  • Klik menu design- select data- select data source
  • Pada series name isikan data
  • Isikan masing-masing sumbu dengan benar sesuai data
  • Klik ok
  • Lakukan cara yang sama untuk grafik kedua
  • Grafik dengan 2 data siap digunakan

Tidak sulit bukan? Dengan adanya bantuan grafik materi presentasi bisa disampaikan dengan lebih jelas dan mudah.

Baca juga : Cara Ubah PDF ke Excel

Semoga penjelasan-penjelasan cara membuat grafik di Excel di atas, semoga bisa membantu Anda yang baru mengenal Excel dan belum tau cara pemakaian dengan benar.

Bagikan:

Leave a Comment