Mengenal Fungsi RAM di Komputer dan Jenis-Jenisnya

Istilah RAM tentu sudah tidak asing lagi di telinga karena peranti ini banyak digunakan di PC atau smartphone. Meski sudah mengenal secara nama tetapi tidak banyak yang mengetahui fungsi RAM di komputer secara keseluruhan.

RAM memiliki banyak sekali fungsi dan yang cukup dikenal adalah sebagai media penyimpanan. Selain penyimpanan primer, RAM kerap digunakan sebagai penyimpanan sekunder untuk jangka panjang. atau bisa baca Pengertian RAM

Karena itu maka RAM dibuat dalam beberapa jenis untuk memudahkan pengguna memilih sesuai kebutuhan. Lantas apa saja jenis RAM dan fungsinya pada komputer? Berikut ulasannya

4 Fungsi RAM di Komputer

Sebagai perangkat yang cukup penting, RAM memiliki beberapa fungsi pada komputer dan berikut ulasannya:

Membantu Penggunaan Multitasking

Multitasking dapat diartikan sebagai kondisi dimana komputer bisa menjalankan lebih dari satu aplikasi. Dalam menjalankannya ini, komputer tetap beroperasi dengan baik dan tidak terjadi bug. 

Maka dari itu semakin besar kapasitas RAM maka proses multitasking semakin lancar. Sehingga komputer yang RAM besar umumnya bisa membuka hingga belasan aplikasi sekaligus. 

Penyimpanan Sementara

Fungsi utama RAM pada komputer sebenarnya sebagai penyimpanan sementara untuk semua data. Sehingga data-data seperti sistem operasi, software atau informasi lainnya akan disimpan di dalamnya. 

Setelah proses ini selesai maka penyimpanan akan diteruskan ke CPU untuk diproses informasinya lebih lanjut. Proses perpindahan ini sangatlah cepat bahkan dalam hitungan beberapa detik saja. 

Tingkat kecepatan akses informasi ini tentu tergantung pada jenis RAM yang digunakan pengguna. Jadi semakin besar kapasitas RAM maka penyimpanan informasi ke dalam memori semakin cepat. 

Dapat Diakses Kapan Saja

Banyak orang yang kadang salah kaprah dalam memahami RAM dan ROM. keduanya jelas berbeda dan salah satunya perbedaannya adalah jika RAM bisa diakses kapan saja. 

Proses ini bisa terjadi karena RAM lebih bersifat fleksibel daripada ROM. Selain itu, RAM juga mampu menyimpan data secara acak. Hal ini tentu berbeda dengan ROM yang hanya mampu menyimpan data internal saja. 

Meski demikian, kamu perlu sekali-kali melakukan pengecekan kapasitas RAM yang ada. Pastikan masih ada space saat menjalankan berbagai software yang ada di komputer atau laptop. 

Punya Peran Vital saat Bermain Game dan Desain

Bagi kamu yang hobi main game di komputer tentu membutuhkan RAM yang besar. Apalagi jika permainan tersebut berbasis 3D atau melakukan desain video atau gambar dengan resolusi tinggi. 

RAM yang besar akan punya peran penting dalam bermain game dan mendesain ini. Hal ini bisa terlihat ketika RAM kecil sedangkan gamenya berkapasitas besar tentu akan terjadi bug. Dalam kondisi seperti ini otomatis komputer menjadi lambat dan susah membuka aplikasi yang lain. 

Jenis-Jenis RAM

Selain memiliki fungsi yang cukup penting, RAM dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya:

SD RAM

Jenis RAm ini memiliki kecepatan antara 100 hingga 133 MHz dalam menjalankan segala operasinya. Umumnya jenis RAM ini hanya mampu menampung seluruh data sebesar 1GB saja. 

Salah satu ciri-ciri dari RAM ini adalah memiliki dua celah yang ada di bagian kaki. Selain itu, komponen ini umumnya diletakkan pada slot di motherboard untuk menjalankan segala fungsinya. 

DDR RAM

Jenis RAM satu ini mampu menjalankan dua instruksi sekaligus dalam waktu yang sama. Selain itu, RAM ini juga memiliki kecepatan yang tinggi dengan kapasitas mencapai 184 pin. 

Dengan spesifikasi itu maka RAM ini banyak dipilih dan dipercaya mampu menghemat daya listrik. Untuk kapasitas RAM pada jenis ini tergolong cukup besar hingga 16GB. 

RD RAM

Untuk RAM jenis ini dinilai memiliki performa yang lebih cepat dengan harga yang relatif lebih mahal dari SD RAM. umumnya RAM ini digunakan pada komputer yang sudah Pentium 4 dengan slot memori mencapai 184 pin

Jadi fungsi RAM di komputer adalah untuk melakukan penyimpanan seluruh data dan sifatnya semantara. Sedangkan fungsi lain juga bisa diakses kapan pun dan membantu penggunaan multitasking. 

Namun ini semua tergantung pada jenis RAM yang kamu gunakan pada perangkat. Jika RAM yang kamu gunakan kapasitasnya besar maka bisa untuk berbagai keperluan seperti bermain game atau desain.

5/5 - (6 votes)
Bagikan:

Leave a Comment