5 Jenis Aplikasi Server Terbaik Beserta Cara Kerjanya

Aplikasi server ini dihadirkan untuk memenuhi permintaan dari berbagai client. Sedangkan server adalah suatu layanan tertentu yang ada pada jaringan setiap komputer 

Umumnya sistem pada server selalu didukung oleh RAM, prosesor dan sistem operasi lain. Untuk memberikan layanan yang terbaik maka diperlukan adanya aplikasi server yang jenisnya berbeda. 

Setiap jenis aplikasi ini punya peranan dan fungsi tersendiri dalam melayani client. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa aplikasi yang ada pada suatu layanan tertentu. 

Jenis Aplikasi Server Terbaik

Untuk memudahkan berikut beberapa aplikasi server yang perlu kamu ketahui dalam melayani client :

VPN (Virtual Private Number)

VPN adalah suatu koneksi yang memiliki tingkat keamanan yang bagus antar dua jaringan internet. Aplikasi ini menghubungkan IP address yang kamu miliki ke jaringan internet publik yang lebih aman. 

Tingkat keamanan dari jaringan ini didukung dengan teknologi tunneling dan enkripsi. Umumnya aplikasi ini digunakan untuk membuka situs tertentu yang telah di blokir sebelumnya.

Cara kerja dari VPN hanya perlu mengunduh aplikasi VPN terbaik yang gratis atau berbayar. Selanjutnya kamu akan langsung terhubung dengan jaringan tersebut dan bisa mengakses situs atau aplikasi yang diblokir. 

Web Server

Selain VPN, ada juga web server yang tugasnya untuk menyimpan dan mengirimkan konten website. Proses pengiriman ini dilakukan ke perangkat klien yang meminta akses baik dalam bentuk software atau hardware

Untuk perangkat hardware, web server ini bisa menyimpan semua file seperti CPU, RAM dan storage. Sedangkan untuk software ini berupa program yang dirancang untuk berkomunikasi antara klien dengan server. 

Domain Name Server

Dilihat dari namanya, aplikasi server ini berfungsi sebagai layanan informasi domain. Dari aplikasi ini nantinya akan menerjemahkan nama host atau domain yang telah dipilih ke IP address komputer untuk menemukan website tertentu. 

Cara kerja dari aplikasi ini klien membuka alamat domain yang telah dipilih sebelumnya. Selanjutnya server DNS akan mengubah nama domain tersebut ke IP address setiap pengguna yang membukanya. 

Contoh kamu membuka domain atau situs dari Google.com pada browser tertentu. Setelah dibuat maka NDS ini secara otomatis akan mengganti domain tersebut ke IP yang bersangkutan. 

Proxy Server

Lalu untuk aplikasi lain yang umumnya digunakan selama ini adalah proxy server. Jenis aplikasi ini berfungsi atas penengah dalam melayani dari komputer klien yang mencari resources tertentu. 

Proxy ini memiliki banyak sekali fungsi diantaranya mempercepat koneksi internet, mengatur bandwith atau memblokir situs tertentu. Pada beberapa kasus tertentu aplikasi ini bisa juga digunakan untuk menghindari malware. Aplikasi ini juga dinilai lebih banyak daripada router karena bisa mengontrol beberapa jaringan. 

Database Server

Database server adalah aplikasi yang bisa mengatur penyimpanan sekaligus mengelola data tersebut. Proses pengelolaan dari server ini dilakukan pada suatu jaringan komputer tertentu. 

Beberapa layanan yang ada pada aplikasi ini seperti insert, delete, update, drop dan yang lainnya. Selain itu ada juga MySQL database, Microsoft SQL dan beberapa layanan lainnya. 

FTP Server

FTP Server adalah aplikasi server yang digunakan untuk meremote ke sebuah server atau komputer. Biasanya FTP server digunakan untuk mengirimkan file tanpa koneksi kabel dengan cepat. FTP server banyak digunakan karena kemudahan dan kecepatannya.

DHCP Server

DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol adalah protokol yang digunakan untuk memudahkan penyebaran alamat IP ke beberapa perangkat secara otomatis. DHCP sangat membantu sekali, karena dapat dijalankan secara otomatis, mencegah IP conflict, memperbarui IP secara otomatis dan lain lain.

Mail Server

Mail server adalah server yang berhubungan dengan email dalam jaringan server. Mail server memiliki fitur tambahan seperti mengolah, mengatur, dan menulis email. Adapun komponen pada Mail server adalah MTA, MUA, dan MDA.

Baca Juga : Mengenal Fungsi RAM dan Jenis-Jenisnya

Jadi aplikasi server ini merupakan layanan yang diberikan kepada klien dan terdiri dari berbagai jenis. Diantaranya VPN, Web Server, Domain Name Server dan beberapa jenis aplikasi lainnya.

Dari setiap jenis ini memiliki fungsi dan manfaat tersendiri bagi klien yang menggunakan layanan tersebut. Misalnya VPN yang umumnya digunakan untuk mengakses aplikasi atau situs yang telah di blokir sebelumnya.

Rate this post
Bagikan:

Leave a Comment