VPN Terbaik untuk Indonesia

8 VPN Terbaik 2021 Kecepatan Telah Teruji dan Aman –  Perkembangan teknologi yang semakin canggih menciptakan penggunaan internet yang cukup tinggi. Bahkan kecanggihannya mampu mengantar pada proses akses situs web yang menembus batas pemblokiran suatu situs. Hal ini bisa dilakukan dengan keberadaan VPN. Banyak suguhan VPN terbaik di Indonesia yang bisa dipilih.

Dalam hal ini VPN (Jaringan Pribadi Virtual) memiliki manfaat yang penting dalam mengakses ragam situs web tanpa penyaringan dari berbagai lapisan dunia. Selain itu, akses yang dilakukan akan terhindar dari pengawasan pemerintah.

Keberadaan VPN pada dasarnya dimanfaatkan untuk mendapatkan koneksi yang aman dan bersifat pribadi. Selain itu juga mampu membantu akses suatu jaringan secara remote. Lalu, apa saja VPN yang bisa dicoba? Yuk simak informasinya!

Apa yang digunakan Indonesia untuk Mendeteksi Pelanggaran Suatu Konten?

Tepat di tahun 2018, Kominfo meluncurkan sebuah Crawler web khusus yakni Cyber Drone 9. Crowler ini didesain khusus dengan tujuan mencari konten yang dianggap negatif oleh pemerintah. Selanjutnya, akan dilakukan pemblokiran pada konten tersebut.

Crowler yang dibuat berdasar pada AI dan sampai saat ini, cakupannya cukup luas yakni meliputi kekerasan, pornografi, perjudian, diskriminasi ras maupun agama, dan sebagainya.

Adanya penyaringan konten yang disajikan, sebagai salah satu bentuk pengawasan dari pemerintah. Pada dasarnya, melalui internet sangat mudah untuk mengakses ragam hal, bergantung pada tangan sang pengguna dalam berbagai konten. Maka dari itu sensor yang ketat hanya ada pada masing-masing individu.

Pengawasan Kuat Pemerintah disamping Ketidakpastian Privasi

Terdapat beberapa lembaga yang memiliki wewenang dalam menyaring suatu konten. Hal ini berdasar pada UU Hukum Informasi dan Transaksi Elektronik. Dalam memperluas ruang lingkung pengawasan, UU tersebut mengalami amandemen beberapa kali. Salah satu perluasan dari amandemennya yakni undang-undang ITE tidak hanya mengizinkan dalam pemblokiran.

Amandemen juga menghasilkan sebuah keputusan terkait perizinan. Dalam amandemen tersebut, diberikan izin terhadap pihak berwenang untuk mengeluarkan mandat kepada ISP. Hal inilah yang meningkatkan banyaknya jumlah agensi yang memiliki wewenang dalam penyaringan suatu konten.

Dalam segi privasi pengguna, tampaknya Indonesia belum menetapkan hukum dengan konstitusi yang jelas mengenai kebebasan internet. Namun, di samping itum terdapat wewenang yang diberikan kepada setiap industri swasta yang terkait untuk menyimpan data para pengguna. Salah satu kunci dari VPN yakni menjaga perlindungan privasi setiap pengguna.

Tindakan Keras Terhadap Aktivis Internet

Dalam meningkatkan keamanan Nasional, hukum d Indonesia cukup tegas dalam menindaklanjuti para aktivis internet. Aktivis yang dimaksud yakni para pengguna yang melakukan pencemaran nama baik, masalah agama, dan pelanggaran lainnya. Setiap pelanggaran akan ditindak dengan keras guna membuat pelaku jera.

Hukum ini sudah sedari lama ditegakkan, contohnya pada tahun 2017. Terdapat tiga outlet media yang ditindaklanjuti karena dianggap melakukan pencemaran nama baik. Kasus lainnya yakni tindakan meras terhadap pengguna yang membagikan sebuah konten penting yang tidak boleh disebarluaskan.

Apa yang dicari dari VPN Indonesia ?

Apa yang dicari dari VPN Indonesia

Untuk bisa berselancar internet secara bebas, VPN amat dibutuhkan di negara Indonesia ini. Baik warga negara asli maupun negara pengunjung tidak bisa mengakses internet secara bebas. VPN akan menjadi solusi dalam menghadapi masalah tersebut. Lalu, apa saja yang dicari dari VPN? Yuk simak informasinya!

1. Privasi dan Anonimitas

Seperti yang disinggung sebelumnya, para pengguna internet di Indonesia cukup sulit untuk bisa berselancar tanpa batas di internet. Mengingat konsekuensi dari pelanggaran yang dilakukan cukup ketat. Selanjutnya, diharapkan VPN Indonesia bisa memberikan privasi dan anonimitas secara khusus.

Setiap data yang mencakup segala aktivitas, dapat dikontrol secara independen oleh pemerintah maupun swasta di industri yang berkaitan.  Dalam hal ini, VPN hendaknya mampu memberikan kebijakan ketat terkait penyimpanan data yang bersifat pribadi. Dalam penerapannya, hendaknya mengutamakan negara-negara yang masih awwam dibanding negara beryuridiksi 5 Eyes atau pun 14 Eyes.

2. Keamanan

Untuk keamanan VPN, sepenuhnya ditentukan oleh setiap pengguna. Baik lokasi Indonesia maupun berada di lokasi lain. Setiap pengguna memiliki kebebasan untuk memilih enkripsi yang tepat, sehingga mendapatkan kecepatan yang diinginkan. Untuk pasar Indonesia, dianjurkan untuk memilih enkripsi yang tinggi.

Anjuran ini mengacu pada beberapa pandangan yakni secara rata-rata, kecepatan internet di Indonesia cukup rendah. Hal ini sebagai salah satu alasan untuk meningkatkan enkripsi lebih tinggi  serta tidak mengurangi kecepatan. Selain itu, Indonesia memiliki sumberdaya lebih banyak dalam memecahakan penemuan enkripsi.

3. Tipuan Geolokasi

Aspek lainnya yang dicari dari VPN yakni geolokasi. Tipuan identifikasi lokasi geografis suatu objek bertujuan untuk dapat mengakses beberapa konten alternatif. Mengingat terdapat beberapa website yang belum bisa diakses oleh beberapa pengguna di Indonesia.

Adanya tipuan geolokasi akan membantu beberapa pengguna, khususnya di Indonesia. Tidak jarang ditemukan beberapa laman website yang tidak bisa diakses. VPN menjadi solusi yang bisa diandalkan guna mendapatkan akses yang lebih mudah dan lancar.

4. Terdapat Dukungan P2P

Selanjutnya, VPN yang dipilih hendaknya memiliki dukungan P2P. Sebuah tourguide yang akan membantu dalam mengakses internet dengan lancar. Hal ini akan sangat membantu terutama dalam mengakses website yang limitted. Di Indonesia terdapat beberapa website torrent Di Indonesia terdapat beberapa website torrent yakni beberapa website yang diblokir.

5. Kecepatan yang Stabil

Selain itu, kecepatan yang stabil pun amat penting diperhatikan dalam suatu VPN. Sebagai salah satu kategori website yang diblokir atau website torrent, keberadaan VPN amat membantu. Perhatikan VPN yang menyajikan sebauh pedoman perjalanan P2P yang memiliki syarat dan ketentuan secara jelas.

Baca Juga : Hosting Terbaik di Indonesia

VPN Terbaik di Indonesia

Mengacu pada poin-poin yang dicari dari suatu VPN, terdapat beberapa VPN yang bisa dicoba. Masing-masing VPN memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk menilainya secara objektif, lakukan secara mandiri. Adapun beberapa VPN yang bisa dicoba yakni sebagai berikut:

1. Surfshark

Surfshark

Sebuah VPN yang berbasis Malaysia ini cenderung memiliki kecepatan yang luar biasa kala terhubung dengan server VPN di kawasan Asia. Namun, akan melambat ketika dihubungkan ke server yang berada di Amerika Serikat atau pun Eropa. Dalam beberapa waktu tertentu, kecepatan memang dapat berubah-ubah.

Kemanan dan perihal privasi-nya diberika rating 5 bintang. Hal ini sebagai salah satu tanda, bahwa Surfshark cukup aman untuk digunakan. Memiliki suguhan fitur yang beragam, yakni komeksi multi-hop, tidak ada log, mendukung berbagai platform dan sebagainya. Untuk menikmatinya, VPN ini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 34.370,- per-bulannya.

 

Speed Surfshark

Dukungan P2P secara lengkap serta bypass blok yang mudah digunakan. Surfshark memiliki antarmuka yang minimalis serta bersih dari berbagai banyak fitur yang kerap disebut sampah tambahan. VPN ini menawarakan server di Indonesia dengan kecepatan yang stabil. Kecepatannya mencapai 80 Mbps, angka ini tentunya amat mengesankan dan menyenangkan para pengguna di Indonesia.

2. NordVPN

NordVPN

Pilihan lainnya yakni NordVPN yang memiliki kecepatan cukup mengesankan dengan keamanan dan privasi yang dapat diandalkan. Terdapat beberapa fitur, seperti tidak adanya log, mampu mendukung 6 perangkat serta kunci jaringan. Menyajikan tampilan yang sederhana dan dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.

Speed NordVPN

Memiliki basis di Panama, tempat terbaik untuk sebuah VPN. Selain itu, sebagia penyedia VPN, NordVPN memiliki citra yang baik di mata pengguna. Selain itu, NordVPN memiliki banyak server yang tersebar di berbagai lapisan dunia. Reputasi baik yang dimilikinya tentu ditunjang dengan suguhan ragam fitur dan layanan yang memuaskan.  Salah satunya kecepatan downstreamnya yang mencapai 16 Mbps. Selain itu, server yang dimilikinya teroptimalkan oleh P2P.

3. ExpressVPN

ExpressVPN

Selanjutnyam,  yang bisa dicoba yakni ExpressVPN. Sebuah penyedia VPN yang memiliki kecepatan bagus serta keamanan yang diberi rating 5 bintang. Memiliki 148 lokasi VPN dengan privasi luar negeri serta terenkripsi penuh sekitar 256 bit. Selain itu, Kecepatan downstreamnya menunjukkan angka 86 Mbps. Untuk menikmati layanan dari ExpressVPN dikenakan biaya per-bulannya sekitar Rp. 117.711,-.

Speed ExpressVPN

Dengan berlangganan VPN yang satu ini memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming sepuasana. Selain itu, alamat IP-na pun di Indonesia dengan keamanan yang terjamin. Untuk Indonesia, ExpressVPN menyuguhkan tunjangan ragam infrastruktur yang tinggi, mulai dari keamaan privasi, anonimitas, hingga protokol aplikasi yang cukup lengkap.

4. TorGuard

TorGuard

Selain pilihan di atas terdapat penyedia VPN TorGuard. Sebuah VPN yang dibanderol dengan hara per-bulannya sekitar Rp. 79. 598,- dengan layanan yang cukup memuaskan. Untuk kecepatan dan keamanan privasinya diberikan 5 bintang. VPN TorGuard amat ramah dalam P2P yang mendukung kinerja luar biasa demi kepuasan para pengguna. Kecepatannya mencapai 77 Mbps tentu amat mengesankan.

Speed TorGuard

Dari segi tampilan, TorGuard mungkin terlihat kuo, tapi VPN yang satu inimenjadi salah satu penyedia VPN yang paling aman. Dengan TorGuard, setiap pengguna memiliki kebebasan untuk menentukan tingkat enkripsi sesuai yang diinginkan. Hal ini mengartikan bahwa setiap pengguna memiliki kebebasan penuh untuk menolak enkripsi serta kecepatan torrant  cepat dalam waktu yang tidak terbatas.

5. CyberGhost

CyberGhost

Masih bingung? Coba VPN lainnya akni CyberGhost. Sebuah penyedia VPN yang memiliki pusat server di kawasan UE. Selain itu, terdapat beberapa server lainnya yang tersebar di berbagai kawasan Asia. Kecepatannya mencapai 15 Mbps, cukup mengesankan untuk menjadikan media lebih hidup.

Speed Cyberghost

CyberGhost memiliki kecepatan yang sedikit rendah. Diberikan 3 bintang untuk keamanan dan privasi yang disajikan. Fitur lainnya yang bisa dinikmati dari VPN CyberGhost yakni kompresi data, melakukan blokir iklan, serta mampu memberikan dukungan 7 perangkat. Layanan memuaskan ini bisa dinikmati dengan harga Rp. 87.746,- per-bulannya.

6. IPVanish

IPVanish

VPN terbaik di Indonesia lainnya yakni IPVanish. Sebuah penyedia VPN yang menyajikan kecepatan cukup memuaskan. Dengan keamanan dan privasi yang diberikan rating 3 bintang ini memberikan ragam fitur dan layanan yang cukup menarik. VPN ini diperkuat dengan suguhan enkripsi 256bit, P2P unlimitted yang mendukung 10 perangkat.

Speed IPVanish

Selain server di Indonesia, IPVanish memiliki server lokal yang berlokasi di Malaysia dan Singapura. Untuk kawasan Malaysia, kecepatan downstream-nya mencapai 3 Mbps. Hasil ini mungkin tidak lebih baik dibanding VPN sebelumnya, tapu IPVanish siap memberikan koneksi secara stabil, cukup untuk melakukan streaming media secara aktif.

7. PureVPN

PureVPN

Suguhan lainnya yakni PureVPN yang siap memberikan layanan VPN dengan sangat memuaskan. Memiliki kecepatan memuaskan dengan keamanan dan privasi berbintang 3 untuk ratingnya. Untuk fitur yang disuguhkan yakni bandwidth unlimitted, dukungan split tunneling, dan sebagaina. Dibanderol dengan harga sekitar Rp. 47.112,- per-bulannya.

Speed PureVPN

PureVPN menunjukkan dirinya sebagai pemimpin industri dengan 2000 server yang tersebar di 140 negara yang ada di dunia. Didukung dengan fitur keamanan dengan enterprise yang baik.  hal ini sebagai salah satu langkah dalam melindungi penggunanya dari berbagai gangguan yang tidak terduga.

8. FastestVPN

FastestVPN

Terakhir, terdapat penyedia FastestVPN yang memiliki rating 3 bintang untuk kemanan dan privasi yang disuguhkan. Server yang ada didukung dengan P2P yang mendukung pengoptimalan dengan baik. Selain itu, terdapat dukungan berupa mutasi server dan mendukung  hingga 10 perangkat. FastestVPN menyatakan bahwa dirinya bukanlah yang tercepat, melainkan tawaran proporsi nilai yang cukup sulit ditantang.

Setiap server yang ada dapat teroptimalkan dengan P2P  secara baik. Terdapat hal yang mengecewakan dari FastestVPN yakni tidak memberikan kebebasan dalam mengakses beberapa konten, speerti Netflix AS, BBC iPlayer Ingris dan sebagainya. Hal ini amat mengecewakan dan terdengarpayah, tapi fitur lainnya pun cukup menggiurkan untuk dicoba.

Apakah VPN Benar-Benar Dibutuhkan Di Indonesia?

Setelah mengulas sedikitnya informasi terkait VPN terbaik di Indonesia, dapat ditarik benang merahnya. Seiring meningkat dan berkembangnya internet, penggunaan VPN di Indonesia amat diprioritaskan. Mengingat privasi serta keamaan di Indonesia sangatlah longgar. Hal ini sebagai salah satu bukti bahwa pemerintah belum memberikan kepedulian yang maksimal dalam kegiatan berinternet.

Berdasar ulasan penyedia VPN, terdapat beberapa VPN yang cukup menarik perhatian. Di antara VPN tersebut yakni Surfshark, NordVPN, dan ExpressVPN. Ketiganya dibanderol dengan harga yang cukup wajar dan terjangkau.

Demikianlah ulasan singkat terkait beberapa VPN terbaik di Indonesia  yang bisa dicoba. Senantiasa menikmati akses internet tanpa batas adalah hal yang amat diinginkan semua orang.  Selain itu, pastikan untuk memilihnya dengan hati-hati, guna menghindari hal-hal yang membahayakan. Selamat mencoba!

Bagikan:

Leave a Comment