Ukuran Foto Standar Cetak dan Pas Foto

Standar Cetak Ukuran Foto dan Pas Foto – Sebuah memori yang pernah terjadi dalam hidup seseorang memang perlu diabadikan agar tidak hilang dan selalu terkenang. Salah satu cara untuk membekukan setiap momen berharga adalah dengan berfoto lalu mencetaknya. Kamu bisa mencetak dengan ukuran foto yang beragam sesuai kebutuhan.

Ragam Ukuran Cetak Foto & Pas Foto

File gambar mungkin bisa terhapus pada Kamera, tapi dengan menjadikannya bentuk fisik, maka bisa menjaga kenangan tetap ada. Sebelum mencetak foto, Kamu perlu mengetahui beragam ukuran pada umumnya. Ini untuk memudahkanmu menentukan ukuran yang tepat sesuai keinginan dan kebutuhan.

Ada banyak ukuran foto standar yang sering dipakai di Indonesia. Untuk seri R antara lain 2R, 3R, 4R, 5R, 6R, 8R, 8R+, 10R, 10R+, 12R, 14R, 16R, 16R+, 20R, 20R+, 22R, 24R, 24R+, dan 30R. Sedangkan untuk ukuran pas foto umumnya yaitu 2 x 3, 4 x 3, 4 x 6 yang biasa dipakai untuk foto formal.

UkuranUkuran dalam CMUkuran dalam Inchi
Ukuran 2R6 X 92 x 3.5
Ukuran 3R8 X 123.5 x 5
Ukuran 4R10 X 154 x 6
Ukuran 5R12 X 175 x 7
Ukuran 6R15 X 206 x 8
Ukuran 8R20 X 258 x 10
Ukuran 8R+20 X 308 x 12
Ukuran 10R25 X 3810 x 12
Ukuran 12R30 X 3912 x 15.5
Ukuran 16R40 X 5016 x 20
Ukuran 20R50 X 6020 x 24
Ukuran 24R60 X 8024 x 31.5
Ukuran 30R75 X 10030 x 40

Setiap ukuran foto digunakan sesuai kebutuhan yang berbeda-beda. Contohnya untuk pembuatan CV, biasa memakai 4 x 6. Kemudian untuk membuat kartu tanda penduduk (KTP) umumnya menggunakan ukuran 3 x 4. Sementara satu R dipakai khusus foto yang hendak dipajang di bingkai kecil atau besar.

Baca Juga : 10 Aplikasi Edit Foto PC

Ukuran Foto Sesuai Fungsinya

Dari penjelasan diatas, maka ada banyak pilihan yang bisa digunakan mulai dari yang terkecil sampai paling besar. Jika masih bingung, untuk memudahkanmu menentukan ukuran foto sesuai keperluan yang umumnya juga dibutuhkan kebanyakan orang, simak berikut ini penjelasan berdasarkan fungsinya:

1. Ukuran 3 x 4

Mencetak foto dengan ukuran 3 x 4 akan sering dilakukan ketika Kamu mengurusi berbagai dokumen penting yang resmi. Beberapa diantaranya yaitu saat membuat CV, menyiapkan keperluan ijazah, Kartu Tanda Penduduk (KTP), atau Surat Izin Mengemudi (SIM), atau jenis surat resmi lainnya.

Jika dilihat dari fungsi di atas, foto yang dicetak biasanya mengharuskan gambar orang bergaya formal, dengan memakai pakaian dinas seperti jas, kemeja, dan apapun yang terlihat sopan. Banyak orang yang mencetak foto ukuran ini dalam jumlah yang banyak untuk persediaan apabila sewaktu-waktu diperlukan.

2. Ukuran 3R

Jika dilihat dari panjang dan lebarnya, ukuran 3R sekilas hampir mirip dengan ukuran kartu pos. Mungkin ada perbedaan sedikit hanya beberapa inci saja. Kalau Kamu menghitungnya menggunakan satuan centimeter, 3R setara dengan dengan ukuran 8,9 x 12,7 cm. Sementara dalam inchi, sekitar 3,5 x 5 inch.

Saat akan mencetak dengan ukuran ini, Kamu harus memperhatikan kualitas foto dalam pixel. Hal ini agar hasil foto tidak pecah, buram, dan banyak noise. Noise adalah bintik-bintik pada kertas yang membuat gambar terlihat kurang jernih, Untuk saran, 3R sebaiknya dicetak memakai 1051 x 1500p.

3. Ukuran 4R

Jika dihitung menggunakan satuan centimeter, ukuran 4R sama dengan 10,2 x 15,2 cm. Sedangkan untuk inchi, sekitar 4 x 6 inch. Supaya foto tidak pecah saat mencetaknya, jangan lupa mengatur kualitas gambar memakai format pixel dengan ukuran 1500 x 2102p. Kamu juga harus perhatikan jenis kertasnya.

Apakah Kamu termasuk orang yang hobi menempelkan foto di dinding kamar atau memajangnya dengan bingkai di meja? Ukuran ini sangat cocok dipilih untuk merealisasikan kegemaranmu itu. Jika dilihat dari bentuknya, ukuran 4R berada tepat di atas 3R. Selisih panjang dan lebarnya hanya beberapa cm saja.

4. Ukuran 10R

Meskipun 10R termasuk ukuran yang cukup lebar, tetapi masih ada yang lebih lebar, seperti 12R, 14R, 16R, 16R +, 20R, 20R +, 22R, dan seterusnya. Jika dikonversi memakai satuan centimeter kira-kira sekitar 25,4 x 30,5 cm. Sedangkan berukuran 10 x 12 inch jika dihitung dalam satuan inchi.

Pada umumnya, banyak orang memakai 3R khusus untuk foto yang akan dipajang di ruang tengah atau ruang tamu. Ukuran ini memiliki panjang dan lebar cukup besar. Maka supaya hasil cetaknya bagus, tidak pecah dan meminimalisir adanya noise, sebaiknya atur kualitas gambar dengan 3000 x 3620 pixel.

Baca Juga : 14 Aplikasi Edit Foto Android

Jenis Kertas Cetak Foto

Dalam dunia digital printing, Kamu memerlukan kertas khusus untuk mencetak foto. Jenis yang digunakan harus memiliki karakteristik peka cahaya agar mudah dibubuhi gambar hasil fotografi di atasnya. Ada banyak jenis kertas yang bisa dipilih, termasuk yang biasa dipakai jasa percetakan.

1. Matte

Matte adalah jenis yang paling sering dipakai untuk mencetak foto karena terkenal tahan lama (awet). Kertas ini memiliki permukaan yang sedikit bertekstur namun tetap halus saat dipegang. Meskipun memantulkan cahaya jika terkena sinar matahari, tapi ternyata tidak membuatnya terlihat mengkilap.

Salah satu kelebihan yang dimiliki jenis kertas ini adalah tidak akan membekas sidik jari meskipun sering disentuh tangan. Kamu bisa memanfaatkanya untuk hasil foto dengan kualitas terbaik. Matte pada umumnya digunakan khusus untuk mencetak gambar bernuansa klasik dengan dominasi warna hitam dan putih.

Matte sangat mudah menyerap tinta. Hal ini biasanya dipakai para jasa percetakan untuk menutupi printer yang memiliki kualitas kurang bagus. Kalau dilihat dari kebutuhannya, jenis kertas ini sangat cocok untuk digunakan pada foto yang khusus dipegang-pegang atau ditaruh di dalam dompet.

2. Glossy

Sesuai dengan namanya, jenis kertas ini mempunyai karakteristik bahan yang lebih mengkilap dan reflektif terhadap cahaya baik matahari ataupun lampu. Gambar yang dihasilkan juga terlihat lebih tajam. Jika menginginkan kualitas foto yang terlihat lebih hidup, maka Kamu bisa memilih Glossy.

Kelebihan lain jenis kertas ini adalah komposisi warnanya yang cukup terang dan cerah untuk menghasilkan foto yang berkualitas tinggi. Glossy memiliki permukaan yang sangat halus. Bahkan kertas ini tidak seperti struktur jenis kertas matte yang dikenal berkualitas sangat rendah.

Dibalik kelebihannya, ternyata Glossy juga memiliki kelemahan. Pertama, jenis kertas ini cenderung lebih mudah lengket jika disentuh tangan atau jika menempel pada benda tertentu. Kedua, Glossy sangat rentan terhadap goresan kecil. Hal ini tentu bisa membuat foto Kamu lebih cepat rusak.

3. Luster

Dibandingkan dengan Matte, Luster menawarkan komposisi warna yang lebih banyak. Jika Kamu mencetak foto menggunakan jenis kertas ini, hasil gambarnya akan terlihat berkilau dan bertekstur unik. Beberapa orang berpendapat bahwa teksturnya hampir mirip dengan kilauan pada mutiara.

Meskipun berkilau, Luster tidak akan membuat foto yang menjadi silau saat dipandang. Maka Kamu bisa menggunakan jenis kertas ini untuk mencetak gambar yang hendak dipajang di dinding rumah. Hal tersebut juga didukung oleh salah satu bahan pembuatan kertas ini yang dapat menghasilkan efek doff.

Selain untuk foto yang dipajang di dinding, jenis kertas ini juga seringkali digunakan untuk kebutuhan gambar dokumenter. Ini karena Luster bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama bahkan sampai puluhan tahun. Maka tak heran daya ketahanannya membuat banyak orang puas pada hasilnya.

4. Metallic

Sama seperti Luster, Metallic juga dapat bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama. Kelebihan lainnya adalah adalah permukaan yang tidak akan mudah tergores oleh barang lain, kecuali benda tajam. Jenis kertas ini bisa dijadikan salah satu pilihan alternatif untuk foto yang dipajang di dinding.

Foto atau gambar yang dicetak memakai kertas Metalik akan terlihat lebih mencolok, mengkilap, dan reflektif terhadap cahaya. Hal itu karena jenis kertas ini dibuat dengan bahan-bahan yang bersifat metalik. Jika Kamu teliti dalam mengamati, Kamu akan merasa sama seperti saat melihat logam.

Selain menggunakan Metallic, jenis kertas ini juga bisa digunakan untuk mencetak foto keluarga atau foto lain yang umumnya membutuhkan ukuran besar. Hasil gambarnya akan terlihat lebih bagus karena akan terlihat mengkilap saat dipandang baik dari jarak dekat ataupun jauh.

Demikian ulasan tentang ukuran foto standar dan jenis kertas yang bisa dijadikan referensi saat hendak mencetak foto. Pilihlah ukuran yang tepat sesuai kebutuhan agar estetika gambar tetap terjaga. Sebelum datang ke jasa percetakan, pastikan Kamu sudah membawa filenya dan sudah menentukan ukurannya.

Bagikan:

Leave a Comment