Ukuran Foto 4R dan Cara Mengaturnya di Microsoft Word

Anda ingin mencetak foto, termasuk foto berformat 4R, kini bisa melakukannya dengan cara yang lebih mudah. Hanya berbekal PC/laptop dan printer, Anda sudah bisa mencetaknya.

Salah satu cara untuk mencetak foto dari PC/laptop dan printer adalah dengan menggunakan Microsoft Word. Untuk lebih jelasnya langkah-langkah mencetak foto dengan Microsoft Word, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Ukuran 4R dalam MM, CM dan Inci

Ukuran 4R

Sebelum melangkah lebih jauh ke dalam mencetak foto dengan Microsoft Word, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu format 4R dalam satuan ukuran lain yaitu mm, cm dan inci.

Mengetahui cara mengonversi ukuran 4R ke satuan ukuran lain dapat mempermudah mengubah ukuran foto yang dicetak dengan Microsoft Word.

1. Ukuran foto 4R dalam mm (milimeter)

Ukuran foto 4R dalam mm akan menjadi 102 x 152 mm, yang berarti panjang foto adalah 152 mm dan lebar 102 mm.

2. Foto ukuran 4R dalam cm (sentimeter)

Ukuran foto 4R dalam cm adalah 10,2 x 15,2 cm, yang berarti panjang foto 15,2 cm dan lebar 10,2 cm.

3. Ukuran foto 4R dalam inci

Ukuran foto 4R dalam inci adalah 4 x 6 inci, yang berarti foto tersebut berukuran panjang 6 inci dan lebar 4 inci.

Konversi format 4R ini akan lebih mudah dipahami jika Anda melihatnya dalam bentuk tabel seperti di bawah ini.

Ukuran Kertas Foto Mm Cm Inchi
4R 102 x 152 10,2 x 15,2 4 x 6

Ukuran Lainnya:

  • Ukuran 2R
  • Ukuran 3R
  • Ukuran 5R
  • Ukuran 6R
  • Ukuran 8R
  • Ukuran 10R

Cara Cetak foto dalam format 4R dengan Microsoft Word

Cetak Foto 4R
Sumber Foto: tokopedia.com

Kebanyakan orang mencetak foto dari PC/laptop menggunakan Photoshop. Namun, ada orang yang tidak mengerti penggunaan photoshop, atau ada juga orang yang spesifikasi laptopnya tidak mencukupi untuk menjalankan aplikasi photoshop.

Oleh karena itu, Anda dapat mencetak foto menggunakan Microsoft Word sebagai alternatif. Berikut langkah-langkah menggunakannya.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan yaitu: PC/Laptop, printer, kertas untuk mencetak foto dan foto yang akan Anda cetak. Setelah semua alat dan bahan siap, lanjutkan untuk membuka lembar kerja baru di MS Word.

2. Sisipkan Foto di MS Word

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan foto tersebut ke dalam MS Word. Caranya dengan menyalin foto yang ingin Anda cetak lalu menempelkan foto tersebut ke lembar kerja MS Word. Biarkan ukuran kertas yang digunakan untuk mencetak foto pada ukuran defaultnya terlebih dahulu.

3. Atur Ukuran Foto

Pada tahap ini akan ada beberapa langkah untuk mengatur ukuran foto, langkah pertama klik foto dan pilih menu ukuran. Kemudian cari menu measure dan klik simbol explore, letak simbol ini ada di pojok kanan bawah menu measure.

Setelah jendela baru muncul, cari “kunci rasio aspek” dan “relatif terhadap ukuran gambar asli” dan hapus centang pada kotak dari dua opsi. Kemudian kurangi “Width” dan “Height” menjadi 10,2 x 15,2 cm lalu klik “Ok”.

4. Cetak Foto

Setelah semua pengaturan foto selesai, saatnya untuk mencetak foto dengan printer. Langkah pertama klik menu file dan pilih print, kemudian dilanjutkan dengan mengklik opsi perangkat printer yang sedang aktif, jadi pastikan PC/laptop anda sudah terkoneksi dengan printer.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah klik menu page setup dan pilih height agar Anda bisa mengatur kualitas foto yang akan Anda cetak.

Setelah Anda melakukan semua pengaturan printer, lanjutkan dengan mengklik “Ok” dan yang perlu Anda lakukan hanyalah mengklik cetak untuk mulai mencetak foto.

Teknologi modern memang membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah, bahkan untuk mencetak foto pun kini bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Untuk mempermudah proses setup, pastikan Anda sudah mengetahui konversi dari ukuran 4R ke satuan ukuran lain seperti mm, cm atau inci.

5/5 - (3 votes)
Bagikan:

Leave a Comment