Cara Mengisi Kata Kunci Channel Youtube

Cara Mengisi Kata Kunci Channel Youtube agar mudah ditemukan oleh orang lain sebenarnya tidak terlalu ribet. Simak ulasan berikut ini mengenai bagaimana cara mengisi kata kunci ke channel Youtube mulai dari melakukan riset keyword terlebih dahulu hingga menambahkannya agar mudah ditemukan.

Apa itu Kata Kunci ?

Keyword adalah susunan beberapa kata yang sengaja dimasukkan ke dalam channel Youtube agar nantinya konten Anda mudah ditemukan oleh penonton. Hal ini karena kata kunci merupakan bagian dari metadata channel Youtube yang akan membantu konten masuk halaman pertama.

Pada umumnya, kata kunci ditambahkan pada saat awal pembuatan channel Youtube agar grafiknya bisa cepat naik. Sebab, nantinya video channel Anda harus bersaing dengan konten lainnya yang followersnya bisa jadi lebih tinggi.

Menambahkan keyword memudahkan media pencari Youtube menemukan channel Anda. Keyword merupakan salah satu hal penting yang harus dipikirkan karena perannya penting. Usahakan untuk melakukan riset keyword setepat mungkin sesuai dengan konten Anda.

Manfaat Kata Kunci Pada Channel Youtube

Sebelum mengetahui cara mengisi kata kunci channel Youtube agar mudah ditemukan, Anda harus mengetahui manfaatnya terlebih dahulu. Meskipun hanya sekumpulan kata singkat saja, ternyata keyword memegang peranan penting untuk membuat konten cepat naik ke halaman pertama Youtube.

Manfaat pertama dari keyword, yaitu memberitahukan kepada algoritma Youtube bahwa channel Anda sudah memposting kata kunci yang diketikkan orang lain. Oleh sebab itu, Anda harus menggunakan kata kunci yang relevan dengan isi konten.

Algoritma Youtube akan menilai kesesuaian keyword dan isi konten secara keseluruhan, sehingga setiap video yang diupload harus konsisten temanya. Apalagi channel Anda masih baru, maka lebih baik upload konten dengan satu niche yang membuatnya mudah dideteksi.

Pengelolaan keyword serta konsistensi video akan cukup membantu untuk membuat channel Youtube bisa naik dengan cepat. Menambahkan kata kunci pada channel Youtube akan membantu meningkatkan viewers video.

Cara Riset Kata Kunci Sebelum Menggunakannya

Cara mengisi kata kunci channel Youtube yang pertama, yaitu melakukan riset terlebih dahulu. Riset keyword untuk channel Youtube ini terdiri dari dua cara, yaitu melalui bantuan aplikasi dan manual dengan cara sebagai berikut.

1. Riset Melalui Aplikasi

Semrush

Alternatif pertama, Anda bisa melakukan riset keyword melalui aplikasi yang dapat diakses secara gratis. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan, yaitu SEMrush guna mendapatkan informasi terkait search volume Google dengan insight sesuai topik kegemaran banyak orang.

Meskipun kata kunci yang dicari tersebut berdasarkan insight Google, Anda tetap bisa menerapkannya pada konten Youtube. Terkadang kata kunci dengan insight tinggi di Google belum tersedia di Youtube, sehingga menjadi peluang tersendiri.

Aplikasi lainnya, yaitu keywords everywhere yang merupakan salah satu plugin Mozilla Firefox dan ekstensi Google Chrome. Fungsi dari aplikasi ini adalh untuk mengetahui kompetisi AdWords, search volume, dan CPC pada kata kunci yang akan digunakan di Youtube.

Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu Anda harus memasang plugin aplikasi ini terlebih dahulu lalu menggunakan kolom pencarian kata kunci. Aplikasi ini secara otomatis akan menampilkan data insight kata kunci yang dicari dan bisa langsung disesuaikan dengan kebutuhan Youtube.

2. Riset Secara Manual

Autocorect YouTube

Berikutnya, Anda bisa menggunakan cara manual untuk melakukan riset keyword menggunakan fitur bawaan Youtube. Fitur tersebut adalah autocorrect yang ada di kolom pencarian Youtube dengan cara mengetikkan satu kata awal dan diikuti dengan spasi.

Selanjutnya, akan ada beberapa pilihan kata kunci yang akan ditampilkan di bawah kolom pencarian Youtube. Anda bisa langsung menggunakannya sesuai dengan kata kunci yang dituju berdasarkan konten pada channel Youtube.

Riset keyword dengan cara manual ini memang sangat mudah dilakukan dan tidak memakan waktu. Namun, Anda juga tetap bisa mengimbanginya dengan riset kata kunci channel Youtube dengan bantuan aplikasi agar hasilnya akurat.

Baca Juga: Cara Mengetahui Tag Video Youtube orang lain

Cara Menambahkan Kata Kunci ke Channel Youtube

Setelah menemukan kata kunci yang tepat melalui riset, maka saatnya untuk menambahkan keyword tersebut ke channel Youtube. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka Youtube melalui browser terlebih dahulu.

Disarankan untuk menggunakan browser yang ada di PC atau laptop agar mendapatkan tampilan lebih leluasa. Berikutnya, klik ikon profil yang ada di pojok kanan atas dan ketuk pada pilihan Youtube studio. Lalu, scroll hingga menemukan menu setelan yang ada di pojok iri bawah.

Langkah berikutnya, ketuk opsi channel pada setelah dan isikan kata kunci yang sudah disiapkan. Kolom kata kunci tersebut bisa ditemukan di bawah nama channel Youtube. Terakhir, simpan perubahan agar kata kunci akan langsung diterapkan.

Cara mengisi kata kunci channel Youtube agar mudah ditemukan tidak terlalu ribet asalkan Anda sudah mempersiapkan keyword terlebih dahulu. Lakukan riset kata kunci secara mendalam agar sesuai dengan konten yang ingin ditunjukkan pada viewers.

5/5 - (6 votes)
Bagikan:

Leave a Comment